Suzuki Brugman Fuel-Cell Siap Menjelajah Jalan Raya

Written By dtechno on Jumat, 11 Maret 2011 | 03.06

Masih ingat Suzuki Brugman Fuel-Cell? Skubek gambot ramah lingkungan ini pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show tahun 2009 silam. Saat itu baru dipamerkan sebagai model concept. Kini, Suzuki Brugman Fuel-cell sudah direncakan untuk diuji coba sebelum di produksi massal.

Suzuki Brugman Fuel-cell baru-baru ini telah mendapatkan Vehicle Type Approval dari Europan Union. Artinya, skubek ini sudah boleh digunakan di jalan raya. Secara spesifikasi sudah dianggap layak jalan dan aman.

"Suzuki Motor Corporation (SMC) dengan bangga mengumumkan bahwa Suzuki Burgman Fuel Cell telah menjadi sepeda motor fuel-cell pertama di dunia yang mendapatkan persetujuan dari Europan Union," ungkap Osamu Suzuki, Chairman dan CEO, Suzuki Motor Corporation.

Dengan persetujuan ini, maka makin mulus lah jalan Suzuki untuk mengembangkan Suzuki Burgman Fuel Cell. Suzuki dipastikan akan melakukan pengetesan lebih mendalam selama satu hingga dua tahun ke depan di Inggris.

Tidak sendirian, Suzuki menggandeng Intelligent Energy, perusahaan asal Inggris yang juga mengembangkan teknologi fuel-cell. Pengetesannya sendiri akan dilakukan di sekitar Loughborough University.

Dari pengetesan ini, diharapkan data tentang kebutuhan dalam penggunaan sehari-hari bisa dikumpulkan. "Hal ini sejalan dengan pendirian stasiun pengisian hidrogen dan infrastruktur lain yang diperlukan," jelas Osamu Suzuki.

Menurut Suzuki, Suzuki Burgman Fuel Cell mampu menempuha jarak 350 kilometer dengan baterai yang terisi penuh dan tangki hidrogen 70 MPa. Hemat bahan bakar kan! 
source: motorplus-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar