Generasi Baru Suzuki Nex Fi

Written By dtechno on Minggu, 10 Juni 2012 | 18.09

Mempunyai kendaraan irit adalah dambaan hampir sebagian besar masyarakat, teknologi injeksi adalah jawabannya. Mungkin Suzuki bisa dibilang sedikit terlambat dalam mengadopsi teknologi injeksi ini karena kompetitornya Honda maupun Yamaha sudah lebih dulu mengeluarkan motor dengan sistem injeksi ini. Dengan berpedoman dari pepatah "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali" maka Suzuki ikut meramaikan motor dengan sistem injeksi. 

Bermodal tampilan mungil dengan tanpa membuang bentuk dari generasi sebelumnya,Suzuki Nex Fi menawarkan kecanggihan dan keunggulan teknologi fuel injection-nya. Terlihat dengan penggunaan sensor yang lebih banyak dibandingkan dengan kompetitor. Beberapa di antaranya adalah Tip-Over Sensor (TOS), Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CKPS), Engine Temperature Sensor (ETS) dan Oxygen Sensor (O2S).

Khusus untuk Tip-Over Sensor (TOS), ini difungsikan sebagai sensor safety. Jadi kalau ada pengendara yang mengalami kecelakaan dan terjatuh atau kendaraan yang berada 65 derajat dari jalanan. Maka sensor ini akan mematikan fungsi seluruh sensor lainnya. Sehingga mesin motor ini akan mati sendiri.


Meski masih mengutamakan bentuk generasi sebelumnya, New Nex Super Fi mengalami perubahan minor pada lampu sein yang kini tampil kebiruan agar berkesan sejuk dan ramah lingkungan.

Perubahan yang mencolok terjadi pada velg casting wheel yang kini menggunakan tiga palang berwarna silver. Perbedaan lainnya tentu saja pada nex Fi ini memiliki emblem logo Fuel Injection (Fi) pada bagian depan stang kemudi. 


New Nex Super Fi dibanderol Rp 12.650 juta. Hanya selisih Rp 250 ribu dari generasi sebelumnya


Dan berikut spesifikasi Mesin New Nex Super Fi Fuel Injection.
Mesin

Tipe mesin : 4-langkah, 1 Silinder, Pendingin Udara
Sistem Katup : SOHC, 2 Valve
Diameter langkah (mm) : 51,0 x 55,2
Isi Silinder : 113 cc
Rasio Kompresi : 9,4
Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 9,4 / 8.800
Torsi Maksimum (N-m / rpm) : 8,7 /6.500
Sistem bahan bakar : Fuel Injection (AC 22)
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Starter : Electrik dan kick Starter
Transmisi : CVT/V-Belt
Kapasitas Tangki : 3.5 liter

source: oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar