Inilah Kolaborasi Terbaru Toyota-Yamaha

Written By dtechno on Selasa, 29 November 2011 | 02.32

Kalau kita menyebut nama Toyota pasti dalam pikiran kita tidak jauh dengan kendaraan bermotor roda empat. Ternyata pada Tokyo Motor Show (TMS) ke-42 tahun ini Toyota Motor Corporation (TMC) tak hanya memamerkan kendaraan hasil khayalan insinyurnya mereka juga akan memamerkan kendaraan konsep komuter listrik atau sepeda bertenaga listrik yang dilengkapi sistem komunikasi buatan Yamaha.

Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu bahwa ini bukan kali pertama Toyota dan Yamaha berkolaborasi mengembangkan teknologi otomotif, sebelumnya pada tahun 1967 melalui mobil sport Toyota 2000GT sudah ada kolaborasi diantara keduanya. Bodi mobil itu dibuat oleh Toyota, sedangkan mesin dari Yamaha. 

Menurut Toyota, tujuan memamerkan sepeda tersebut untuk terus membangun masyarakat mobile atau aktif pada masa yang akan datang dengan tujuan 3 target, yaitu : 
Pertama, membangun infrastruktur informasi yang komprehensif agar kendaraan yang dibuat oleh Toyota dan Yamaha dapat menggunakan tempat pengisian baterai yang sama dan terintegrasi dengan Toyota Smart Center.
Kedua, mengembangkan sistem transportasi baru, termasuk menggunakan sistem bersama. 
Ketiga, mengurangi biaya layanan teknologi informasi (TI). 

Untuk itu, kedua perusahaan berencana memulai tes verifikasi dalam waktu dekat dengan target selanjutnya berupa komersialisasi produk bersama untuk sistem komunikasi dan layanan TI.

Layanan navigasi dan telematika, termasuk penggunaan smartphone dan komunikasi Wi-Fi, akan digunakan pada produk tertentu di Yamaha. Tujuannya untuk memberikan informasi, antara lain, lokasi pengisian baterai, ketersediaan stasiun pengisian, dan tanda pengisian menunjukkan sudah penuh.

Kedua perusahaan juga akan bekerja sama mengembangkan infrastruktur pengisian, seperti "G-station", yaitu stasiun pengisian yang dibuat oleh Toyota Media Service Corporation. Stasiun ini, selain digunakan untuk mobil listrik atau hibrida plug-in, juga dapat dipakai  untuk sepeda motor listrik. 

Layanan komunikasi lainnya adalah distribusi informasi bersama (reservasi, status pengesahan pengisian, dan pembayaran) serta mengunduh informasi pendiagnosisan untuk pemeliharaan kendaraan.

Dijelaskan pula, Toyota dan Yamaha kali
pertama berkolaborasi mengembangkan teknologi otomotif pada 1967 melalui mobil sport Toyota 2000GT. Bodi mobil itu dibuat oleh Toyota, sedangkan mesin dari Yamaha.  

source: kompas.com

1 komentar:

Arifin mengatakan...

weeeeeeeeh kayana keren nich... buat keliling perumahan.. thanks sob infonya

Posting Komentar