Mesin Skuter Ramah Lingkungan Dari Honda

Written By dtechno on Senin, 26 September 2011 | 17.41

Tren skuter beberapa tahun kedepan mungkin masih akan mendominasi pangsa pasar roda dua, hal ini terbukti dengan banyak dilakukannya riset untuk pengembangan jenis motor ini. Salah satunya yaitu Honda Motor Co., Ltd (Jepang) yang mengumumkan keberhasilannya membangun mesin motor berdaya tahan tinggi, rendah suara dan hemat bahan bakar.

Dalam siaran berita Honda yang dikutip dari Dapurpacu.com hari Senin (26/9), dikatakan mesin 125cc tersebut merupakan generasi terkini yang akan digunakan pada skuter. Honda juga menyatakan bahwa mesin baru ini telah dilengkapi teknologi idle stop system.

Honda mengklaim mesin baru ini lebih hemat 25 persen daripada mesin skuter konvensional dengan kapasitas silinder sama. Perpendingin cair, 125cc, 4-tak, silinder tunggal, Honda mengungkapkan mesin ciptaannya rendah gesekan, berbobot lebih ringan, serta berdimensi kompak.

Rendahnya gesekan dan suara yang dihasilkan merupakan hasil penerapan teknik teknologi baru pada offset silinder dan roller rocker arm, seperti kontrol cerdas.

Selain itu, digunakan pula continuously variable transmission with V-belt (V-Matic) berasio lebar dengan karet drive belt lebih elastis.

Rencananya mesin ramah lingkungan ini akan digunakan di banyak model skuter Honda di seluruh dunia mulai 2012.

sumber: dapurpacu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar