Hindari Bahaya, Prius dipasangi Speaker

Written By dtechno on Senin, 26 September 2011 | 17.58

Namanya juga mobil listrik jadi suara yang dihasikan pasti berbeda dengan mobil yang berbahan bakar minyak. Begitu senyapnya sampai-sampai orang tidak menyadari keberadaanya. Hanya suara mendesing saja.

Bagi sebagian orang, terutama pengendara sepeda dan tuna netra, kondisi ini jadi masalah. Karena itu Toyota mengembangkan apa yang disebut 'Vehicle Proximity Notification System' yang membuat Prius, Prius V dan Plug-in Prius bisa bersuara seperti mobil bensin saat beroperasi hanya dengan tenaga listrik saja. 

Suara itu dipancarkan dari speaker yang terpasang di bawah kap mesim pada kecepatan hingga 25km/jam. Di atas kecepatan itu, suara putaran roda sudah cukup terdengar sehingga tidak membahayakan.

Seperti suara mesin lain, suara makin kencang saat mobil melaju dan semakin pelan saat kecepatan diturunkan. Toyota juga melakukan riset serius untuk mendapatkan ragam frekunensi suara yang pas sehingga tidak teredam oleh kebisingan suara latar.

Berdasarkan undang-undang di Amerika Serikat yang disahkan tahun ini, semua mobil listrik harus dilengkapi dengan suara buatan untuk memastikan pengguna jalan yang beresiko bisa waspada dan tanggap atas kehadiran mobil listrik tersebut. 

sumber: toyota.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar