Generasi Baru Kawasaki ER-6f

Written By dtechno on Selasa, 01 November 2011 | 04.07

Inilah generasi teranyar dari Kawasaki 650R atau All New Kawasaki ER-6f. Seperti dilansir motorcyclenews.com dan indiancarbikes.in, pertengahan bulan Oktober 2011 bahwa generasi terbaru ini mengalami perubahan yang cukup signifikan dari pendahulunya. Perubahan tersebut antara lain pada tangki dan bagian ekor, khususnya muffler, jok, sistem suspensi, serta cluster meter di bagian cockpit.  
Diharapkan dengan beberapa perubahan itu akan menjadikan tampilan Kawasaki Ninja 650R atau ER-6f itu lebih gagah dan agresif. Tentu ini sangat cocok bagi penyuka motor yang stylish.

Pada bagian jok, Kawasaki menambah tingkat ketebalan tempat duduk. Pada saat yang bersamaan, posisi lengan ayun serta sudut posisi antar komponen suspensi disempurnakan sehingga posisi duduk penunggang motor ini lebih nyaman.

Kenyamanan dan kemudahan juga diberikan kepada pengendara dalam memantau indikator kendaraan yang ditungganginya, baik kecepatan, posisi bahan bakar, hingga jarak yang telah ditempuh. Pasalnya, Kawasaki menambahkan layar Liquid Display Crystal (LCD) di panel cluster untuk menampilkan angka-angka indikator tersebut.

Motor ini juga dilengkapi fitur eco mode. Pengendara akan disuguhi informasi yang tampil di layar tentang kecepatan dan putaran mesin yang ideal guna menghemat bahan bakar.

Kawasaki mengklaim mesin 649 cc parallel twin yang diusung motor Ninja ER-6F terbaru itu irit bahan bakar (BBM). Hasil pengujian pabrikan itu membuktikan, konsumsi BBM hanya 1:17,7 kilometer. Walhasil, dengan tangki yang berkapasitas 19 liter, pengendara cukup sekali mengisi tangki untuk menempuh jarak 300-350 kilometer.

Selain irit, mesin yang diusung itu juga menyuguhkan tenaga yang cukup mumpuni, yaitu 72 daya kuda pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 64 Newtonmeter pada 7.000 rpm.  "Sehingga motor sport itu cocok bagi para komuter," demikian pernyataan Kawasaki.

Sedangkan detail spesifikasinya adalah :
Mesin: 4-langkah, pendingin radiator, DOHC Double Over Head Cam)
Jumlah katup: 4 katup per silinder
Konfigurasi: Parallel-twin engine
Kapasitas volume: 649 cc
Bore & Stroke: 83 x 60 mm
Perbandingan kompresi: 11,3:1
Pasokan bahan bakar: Fuel Injection
Tipe Injeksi: Digital (38mm x 2 Keihin throttle bodies)
Ignition: Digital CDI
Transmisi: 6-speed
Final Drive: Rantai (O-Ring)
Rangka: Semi-double cradle, high-tensile steel
Rake/Trail: 24,5°/4 inci
Ban depan: 120/70-17
Ban belakang: 160/60-17
Jarak sumbu roda: 55,3 inci
Suspensi depan: 41 mm, telescopic forks
Jarak main roda depan: 4,7 inci
Suspensi belakang: Single offset laydown shock with adjustable spring preload
Jarak main roda belakang: 4,9 inci
Rem depan: Dual 300 mm Petal Disc, 2-piston Caliper
Rem belakang: Single 220 mm Petal Disc, hydraulic caliper
Tangki bahan bakar: 19 Liter
Tinggi jok: 29,7 inci
Berat kotor: 441 lbs

source: berbagai sumber

2 komentar:

yudee mengatakan...

bagus sih bagus tapi HARGAnya...haha

Manda mengatakan...

kapan launching di Indonesia ya ?keren habiss..

Posting Komentar